Bagaimana cara melakukan Full Backup Galaxy TAB 7″ P1000

Beberapa hari ini saya penasaran dengan galaxy tab 7″ P1000 yang saya miliki, dengan OS Android 2.3.3 (Gingerbread), karena sudah banyak tabled yang sudah menggunakan OS Android 4 (ICS) yang saya perhatikan lebih cangging dibanding versi sebelumnya, oleh karena itu saya juga berkeinginan untuk mengupgrade ke versi tersebut.

Tetapi pada artikel ini terlebih dahulu saya ingin membahas dan menekankan pentingnya BACKUP ROM yang telah dimiliki bawaan (firmware) dari handset tersebut, karena dari pihak samsung tidak lagi mengembangkan upgrade untuk galaxy tab tersebut, dan versi yang terakhir dari firmware samsung yang disediakan sampai saya menulis ini adalah android 2.3.3 dengan seri file update untuk Asia P1000DXJPE, jika anda ingin mengetahui lebih detail silahkan anda kunjungi http://www.samfirmware.com dan silahkan download karena file tersebut sangat penting untuk berjaga-jaga karena suatu saat anda perlukan.

Peralatan yang diperlukan adalah:

  1. Komputer (PC/laptop).
  2. Download ROM dari http://www.samfirmware.com -> P1000DXJPE.zip (Asia) atau yang terakhir, ini sangat penting untuk berjaga-jaga.
  3. Download Flashprogram dari http://www.samfirmware.com -> Odin3 v1.7 atau yang terakhir.
  4. Download Flashguide dari http://www.samfirmware.com (sebagai referensi).
  5. Download ClockWorkMod recovery tool -> CF-Root-TAB7_XX_OXA_JQ1-v3.3-CWM3RFS.tar atau yang terakhir (tetapi harus anda pelajari terlebih dahhulu jika anda menggunakan CWM selain yang saya sebutkan tersebut).
  6. Anda perlu WINRAR/atau lainnya yang mampu membuka file zip dan tar.
  7. Dan tentunya Galaxy TAB P1000 hehe

Sebelum anda melakukan backup sebaiknya kondisi batrey anda minimal 80%, jika tidak, maka lakukan charge terlebih dahulu. Baiklah mari kita mulai hal penting dalam mem-BACKUP galaxy TAB P1000 anda secara bertahap:

Tahap 1

  1. Copy semua folder dan file yang ada pada SDCARD (Internal memory) ke flash disk atau ke PC (tempat penyimpanan yang aman), ini sangat penting lakukan dengan tanpa menghilangkan atau mengganti nama file/folder yang ada.
  2. Karena pada recovery program bawaan samsung tidak menyediakan fasilitas backup/restor maka perlu anda lakukan Rooting dan mengganti recovery program yang ada, anda tidak perlu alergi dengan rooting, karena galaxy tab bisa anda root dan kembalikan unroot dengan berbagai macam cara/trik, lakukan langkah sebagai berikut:

2.1.        Matikan galaxy tab dan lepaskan kabel USB dari PC jika sedang tersambung.

2.2.        Setelah Galaxy tab benar-benar mati, tekan tombol volume -/down dan tahan jangan lepaskan kemudian tekan tombol power dengan tombol volume – tetap ditekan bersamaan hingga beberapa detik hingga muncul Download Mode.

2.3.        sambungkan kabel USB data ke Galaxy tab ke PC.

2.4.        Jalankan Odin3 v1.7

2.5.        perhatikan tanda apakah galaxy tab sudah tersambung dengan benar dengan keluarnya Serial COM.

2.6.        Extract P1000DXJPE.ZIP yang akan menghasilkan P1000DXJPE_P1000DXJPE_P1000OLBJPE_HOME.tar dan buka file TAR tersebut menggunakan WINRAR dan extract file PIT (gt-p1000_mr.pit) yang ada didalamnya hanya file tersebut saja.

2.7.        Click PIT dan pilih file gt-p1000_mr.pit yang sudah anda extract pada poin 2.6

2.8.        Click PDA dan pilih CF-Root-TAB7_XX_OXA_JQ1-v3.3-CWM3RFS.tar.

2.9.        PENTING, hilangkan tanda check mark pada re-partition, jika tidak data anda akan terformat dan tentu saja hilang.

2.10.      click START dan perhatikan prosesnya jangan sampai ada berita FAIL dan jangan sampai galaxy tab mati atau kabel USB data lepas, jika ada berita FAIL/gagal maka ulang dari poin 2.1.

2.11.      Dan Galaxy TAB akan reboot/restart dengan sendirinya lepaskan kabel USB data dari PC dan tunggu hingga benar-benar proses booting selesai dan normal, perhatikan pada applikasi disana akan dengan sendirinya ada 3 applikasi tambahan yaitu Superuser, CWM dan Tweak. Jika benar maka….selamat anda telah melakukan rooting dan mengganti recovery bawaan samsung.

Tahap 2

  1. sekarang jalankan CWM, pilih BACKUP ROM (jika ada pertanyaan dari superuser click allowed), biasanya nama file tersebut adalah tanggal dan jam, tetapi anda bisa menggantinya dengan nama lain (saya anjurkan jangan menggunakan spasi) pada pertanyaan yang muncul, click OK, dan Galaxy TAB akan otomatis restart ke recovery mode secara otomatis akan membackup ROM yang ada.
  2. Ikuti proses yang berjalan tersebut kurang lebih 10-20 menit tergantung dari besar kecilnya Applikasi dan data anda, dan akan kembali otomatis reboot pada saat selesai.
  3. Jalan kan file explorer yang anda punyai dan masuk ke SDCARD disana akan tercipta folder dengan nama clockworkmod, dan didalam tersebut ada subfolder dengan nama backup, didalam backup ada folder dengan nama file backup yang telah anda buat pada poin 3.
  4. copy folder clockworkmod ke flashdisk atau ke PC (tempat penyimpanan yang aman).
  5. Selamat anda sudah memiliki backup lengkap pada tempat penyimpanan yang aman.

Sekarang anda siap untuk meng explorasi ROM dengan upgrade menggunakan ROM custom yang ada pada XDA-Developer namun untuk saat ini jangan berharap banyak karena sampai artikel ini saya tulis belum ada Android ICS untuk galaxy tab P1000 yang stabil bahkan sekarang masih versi alpha.

Tahap 3 (kembalikan kernel stock)

Tetapi jika anda tidak ingin melakukan explorasi ROM dan anda ingin mengembalikan recovery program ke bawaan samsung dan unroot, maka lakukan langkah berikut ini:

  1. Matikan Galaxy tab anda dan Jalankan Odin3 v1.7
  2. Nyalakan Galaxy Tab kembali ke download mode seperti pada point 2.2 pada proses backup
  3. Sambungkan Kabel USB data ke PC
  4. Click PIT dan pilih gt-p1000_mr.pit
  5. Click PDA dan pilih P1000DXJPE_P1000DXJPE_P1000OLBJPE_HOME.tar hasil extract dari P1000DXJPE.ZIP (www.samfirmware.com) yang sudah anda download sebelumnya.
  6. PENTING, hilangkan tanda check mark pada re-partition, jika tidak data anda akan terformat dan tentu saja hilang.
  7. Click START, ikuti prosesnya dan jika gagal ulangi pada point 1.
  8. Galaxy TAB akan reboot ulang dan kembali ke semula.
  9. untuk memasikan apakah Applikasi Superuser, CWM dan Tweak apa masih ada lakukan uninstall pada 3 program tersebut.
  10. selesai.

Sumber:

http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=885734

Download:

http://download.chainfire.eu/77/CF-Root/SGT7/CF-Root-TAB7_XX_OXA_JQ1-v3.3-CWM3RFS.zip

About these ads