Dead bootloader pada iPAQ rw6828 tidaklah sulit untuk diperbaiki

Beberapa hari yang lalu iPAQ rw6828 yang saya pakai eksperimen mengalami kerusakan, yaitu tidak bisa masuk ke dalam bootloader (tidak bisa nyala) saat tombol power ditekan, setelah saya cari artikel tentang masalah tersebut saya melakukan percobaan untuk memperbaikinya dan… berhasil.

Tanda dari dead bootloader adalah :

1. Tidak mau nyala saat anda tekan tombol power, tidak mau nyala saat anda reset, tidak mau nyala saat anda lakukan hard reset, dan bahkan tidak mau nyala saat anda lakukan penekanan tombol untuk bootloader.

2. Saat battrey dilepas, tombol soft reset ditekan dan ditahan jangan dilepas (biasanya terletak dibawah battrey, dan tertekan saat battrey terpasang),  kemudian charge di sambungkan maka led akan berkedip bergantian hijau dan orange.

Jadi buat temen-temen yang mengalami hal tersebut, jangan buru-buru dibuang atau dijual murah PDA anda, mungkin anda bisa melakukan eksperimen sendiri dirumah, tidak perlu anda mahir dalam hardware atau electro, tidak perlu anda mahir dalam software, yang penting adalah anda bisa menemukan JTAG pinout dari PDA yang anda punyai.

Untuk sementara anda bisa mengikuti informasi yang ada dibawah ini, karena saya belum ada waktu cukup untuk mengulas lebih detail.

http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=336278

http://openwince.sourceforge.net/jtag/iPAQ-3600/

http://www.gert-menke.de/jtag-howto/

http://openwince.sourceforge.net/jtag/iPAQ-3600/

Setiap type PDA mempunyai letak JTAG yang berbeda-beda, jadi anda harus mencari informasi tentang JTAG dari PDA yang anda punyai, kemudian cari file bootloader yang sesuai dengan PDA anda  siapkan peralatan yang diperlukan dan kemudian lakukan flash dengan menggunakan jFlashMM.

bersambung…